Lihat Iklan yuk

Sejarah

Muhammadiyah adalah salah satu organisasi yang terbesar di negara ini. Muhammadiyah merupakan salah satu gerakan Islam yang berhasil membangkitkan rasa percaya diri yang kuat. Tujuan pendidikan yang hendak di capai oleh Muhammadiyah adalah membentuk manusia muslim yang bertaqwa, berakhlaq mulia, cakap, percaya diri, cinta tanah air, serta berguna bagi masyarakat utama yang adil dan makmur yang diridhoi oleh Allah swt.

Dengan diilhami oleh semangat ingin mewujudkan masyarakat utama seperti yang di cita-citakan Muhammadiyah tersebut, beberapa tokoh Muyhammadiyah di Samarinda berkumpul di suatu tempat di Teluk Lerong yang diprakarsai oleh Bapak Suwarna, yang pada waktu sebagai pimpinan Ranting Muhammadiyah Teluk Lerong Ilir ; untuk mengembangkan sayapnya yaitu akan membuka SD Muhammadiyah di Teluk Lerong Ilir (sementara SD Muhammadiyah 1) yang berada di Jalan Berantas.

Melihat besarnya animo masyarakat yang memasuki SD Muhammadiyah 1 Samarinda itulah, memacu Pimpinan Ranting Muhammadiyah Teluk Lerong Ilir untuk mendirikan SD Muhammadiyah filialnya, maka pada tahun 1976, didirikan SD Muhammadiyah 2 Samarinda yang berlokasi di Jalan Siti Aisyah Teluk Lerong Ilir Samarinda Ulu hingga sekarang ini.